menjadi bintang tak harus serba bisa, namun bisa menjadikan apa yang dia bisa sebagai ciri khas…

Trik Mengajarkan Materi Relasi dan Fungsi SMP

Relasi dan fungsi merupakan pelajaran baru bagi siswa yang duduk di bangku SMP.
Hal ini dikarenakan pada pendidikan sekolah dasar, materi ini belum diajarkan. Karena materi ini merupakan hal baru bagi siswa, maka tidak heran jika banyak siswa yanga mengalami kesulitan untuk memahami materi ini di kelas.Berikut ini dalah beberapa trik berdasarkan pengalaman mengajar saya yang mungkin dapat anda coba ketika anda mengajarkan relasi atau fungsi di bangku SMP.
1. Mulailah dengan hal yang luar biasa
Sadar atau tidak sadar, ketika kita mengajar di dalam kelas, sering kita memulai menerangkan matematika langsung kepada pokok pembicaraannya. Hal inilah yang terkadang, atau bahkan membuat siswa kita jenuh, bosan, dan malas untuk mengkaji matematika yang pada akhirnya mereka menjudge bahwa matematika itu pelajaran yang sulit dan membosankan. Karena hal inilah, maka kita perlu membuat pembukaan yang sifatnya luar biasa. Misalkanya, ketika kita memulai menerangkan relasi fungsi, kita dapat bercerita atau berdiskusi sederhana mengenai masalah keseharian yang mengarah kearah materi relasi dan fungsi, seperti menanyakan habi masing-masing siswa, atau kegiatan siswa di rumah.
2. Lebih baik memulainya dengan tidak menggunakan bilangan, simbol,
atau diagram
Pernah, ketika saya kepada beberapa anak didik saya mengenai matematika, dia menjawab bahwa matematika adalah angka-angka dan simbol. Berdasarkan jawaban tersebut,maka saya berpikir bahwa selama ini konsep matematika yang tertanam pada anak hanyalah angka dan simbol saja, sehingga ada baiknya kita ajak siswa kita berimajinasi sebelum mereka mempelajari relasi dan fungsi lebih jauh.
3. Berikan game sebagai variasi
Untuk menambah semangat siswa dalam memahami materi relasi dan fungsi, kita dapat juga memberikan game yang behubungan dengan materi tersebut, seperti teka-teki silang, menjodohkan relasi, atau math war.
4. Berikan evaluasi yang sederhana
Untuk mengetes seberapa jauh siswa memahami materi relasi dan fungsi, kita dapat memberikan evaluasi, baik maupun tulisan. Namun perlu diingat, karena siswa yang kita ajari memiliki motivasi yang berbeda-beda, maka evaluasi yang kita cukup sederhana saja, seperti memberikan contoh relasi dan fungsi, dan menyebutkan unsur-unsurnya berdasarkan relasi atau fungsi yang telah mereka buat.

Karena matematika adalah ilmu terapan (atau setidaknya “calon” ilmu terapan), maka kita sebagai guru matematika perlu mengajarkan penggunaan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari, agar siswa tidak merasa bahwa ilmu yg mereka pelajari di sekolah tidak berguna (banyak lho guru matematika yg bahkan nggak tahu penggunaan rumus2 matematika itu untuk apa), jadi kita perlu menanamkan kepada siswa-siswi kita sejak dini bahwa matematika merupakan ilmu yang kelak akan berguna bagi mereka di masa depan (atau bahkan sekarang).
Nah, selain itu, coba sambung-sambungkan sama mata pelajaran yang lain, biar sekalian nambah ilmunya nggak cuma matematika. Bisa disambungin ke fisika, biologi, sejarah, dll. yang penting materinya nyambung. Hal ini juga sekalian agar siswa dapat mengerti penerapan analogi-analogi yang ada dalam matematika.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 703 other followers